8 TEMPAT WISATA REKOMENDED DI SUMATRA BARAT

JelajahSumatera.com-- Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan  8 TEMPAT WISATA REKOMENDED DI SUMATRA BARAT. Provinsi Sumatra Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah. 

Sumatra Barat (Sumbar) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan Padang sebagai ibu kotanya. Berbatasan dengan dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di pantai seperti Kepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatra Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu. Berikut tempat wisata recommended yang ada di Sumatra Barat:

1. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai terdiri dari lebih dari 70 pulau kecil di lepas pantai Padang di Sumatra Barat dan jika kalian suka berselancar maka ini adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan dari rencana perjalanan.
Kepulauan Mentawai dikatakan memiliki beberapa kondisi selancar terbaik di Indonesia dan para peselancar yang tahu sering bepergian ke Bali terlebih dahulu sebelum pindah ke Mentawai selama sisa musim selancar.
Kegiatan lain di Kepulauan Mentawai termasuk berenang, olahraga air, dan trekking karena banyak pulau yang tercakup dalam area hutan hujan yang tidak tersentuh.

2. Wilayah 1000 Rumah Gadang

Desa kecil dan kuno tidak hanya ditemukan di dunia Barat. Kalian juga akan menyukai pesona pedesaan dan tropis di kota-kota kecil Sumatera Barat seperti halnya di Eropa.
Cobalah mampir ke Kabupaten Solok Selatan dan kalian akan diberi hadiah dengan pemandangan indah rumah tradisional yang diawetkan yang disebut Rumah Gadang (terkenal karena atap rumah mereka yang disebut gonjong, dikatakan menyerupai tanduk banteng) suku asli Minangkabau. 
Rumah-rumahnya cukup jarang di kabupaten ini tetapi ada kelompok yang lebih terkenal di Desa Koto Baru. Karena rumah ini memiliki total 174 rumah, kalian harus mencoba datang ke sana, dan sangat dianjurkan, saksikan tarian tradisional, dan pelajari adat istiadat suku asli.

3. Mendaki Gunung Kerinci

Berada di ketinggian 3.805 kaki di atas permukaan laut, Gunung Kerinci adalah gunung yang mengesankan bagi pendaki yang ingin mencoba hal baru, oleh karena itu lokasi yang wajib dikunjungi, terutama jika kalian mencari tantangan.
Gunung Kerinci sebenarnya adalah salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan merupakan bagian dari kawasan konservasi Taman Nasional Kerinci Seblat, yang terletak di sepanjang perbatasan antara Padang dan Jambi di selatan. 
Untuk menuju puncak kalian memerlukan sedikit perjalanan, jadi bersiaplah untuk pendakian 9 hingga 11 jam dari pintu masuk (Pintu Rimba) ke tempat penampungan ketiga. Dari sana, kalian hanya perlu 1 hingga 2 jam lagi untuk mencapai puncak.
Ini mungkin terdengar sulit, tetapi seperti yang dikatakan pemanjat mana pun kepada kalian, pemandangan ini sangat layak untuk dicapai. Pemandangan awan, bukit, dan lembah yang membentang jauh melampaui cakrawala yang jauh bernilai setiap langkah.

4. Taman Petualangan Lawang

Kalian tidak bisa melewatkan Danau Maninjau yang berwarna biru kehijauan, dilihat dari Taman Lawang. Dari taman, kalian juga dapat melihat gunung, perkebunan tebu, dan bahkan ada tempat yang menakjubkan di mana kalian dapat menyaksikan matahari terbenam!
Kalian bisa memetik stroberi, apel, dan jeruk langsung dari kebun jika sedang musim. Bayangkan menikmati jus buah segar yang manis dan mencicipi rasa alami yang murni saat kalian menyaksikan matahari tenggelam di bawah cakrawala. Ada juga restoran dan pondok di Lawang Park, dengan harga mulai dari Rp 65.000 hingga Rp 200.000.

5. Air Terjun Lubuk Bulan

Jika kalian mencari sesuatu yang ajaib, kalian harus melakukan perjalanan ke Lubuk Bulan. Aliran air terjun ini jatuh dari ketinggian 50 meter ke kolam berbentuk bulan sabit di bawahnya. Kalian akan terpesona ketika kalian menyadari bahwa ada gua tersembunyi di bawah kolam . Setelah air bergegas turun dari air terjun,  kemudian mengalir melalui lorong sepanjang 1 km dan keluar untuk menyirami sawah di dekatnya.
Masuk akal jika penduduk setempat menyebutnya "Air Hilang". Ini adalah tempat yang indah untuk duduk dan bersantai ketika kalian mendengarkan suara air deras yang menenangkan  atau berpose untuk beberapa selfie, baik kalian sendirian atau bersama teman.

6. Pulau Pagang

Pantai-pantai putih yang masih asli berlimpah di Indonesia, dan di Sumatera Barat tidak terkecuali. Cukup naik perahu ke Pulau Pagang dan voila. Pantai pasir putih dan air kristal menanti kalian.
Airnya begitu biru dan jernih sehingga kami yakin kalian ingin melompat langsung dari perahu bahkan sebelum kalian menjejakkan kaki di pulau itu. Lanskap bawah lautnya dipenuhi ikan-ikan kecil berwarna-warni yang menyenangkan, menjadikannya tujuan utama bagi penggemar snorkeling.
Ini juga merupakan lokasi yang tepat bagi mereka yang suka bepergian sedikit lebih mandiri, karena pulau ini sebagian besar tidak tersentuh oleh pariwisata, ini adalah tempat yang tepat untuk mendirikan tenda dan menginap satu atau dua malam (pastikan untuk membawa persediaan dan makanan).

7. Air Terjun Gadih Ranti

Air terjun yang luar biasa ini mengalir menuruni dinding tebing setinggi hampir 50 meter, menyapu permukaannya dan membuat di sekitarnya berkilau dengan semburan air yang menyegarkan.
Semakin tinggi dinding, semakin besar air terjunnya, yang berarti ini adalah tempat yang bagus untuk lensa zoom pada kamera kalian. Kami tahu kalian akan menyukai tanaman merambat yang subur dan merambat yang berkelok-kelok di seluruh dinding, memberi wajah batu itu nuansa magis yang tidak berbeda dengan hutan dongeng yang terpesona!
Menurut mitos lokal, nama ini berasal dari seorang ratu yang memerintah wilayah tersebut. Dan kolam yang terletak jauh di atas tebing digunakan sebagai pemandiannya.

8. Hutan Lumut Singgalang

Jika kalian seorang penggemar Lord of the Rings, jangan lewatkan lokasi yang menakjubkan ini. Menuju ke Zaman Ketiga Dunia Tengah di hutan liar dan kasar yang sangat menyerupai Hutan Fangorn!
Gunung Singgalang adalah impian pecinta hutan, lautan pepohonan yang sejuk, tertutup lumut, lembut untuk disentuh, sangat Instagrammable. Jika tidak dingin (Singgalang adalah 2.877 meter di atas permukaan laut), kami akan tergoda untuk memasang tenda dan bermalam  jadi pastikan untuk menghangatkan tubuh kalian.
Jika kalian seorang penggemar botani, atau hanya menyukai tanaman, maka kalian akan senang mengetahui bahwa hutan ajaib ini dipenuhi dengan spesies tanaman eksotis dan juga menawarkan beberapa air terjun dan danau yang sangat dingin.

Demikianlah 8 TEMPAT WISATA REKOMENDED DI SUMATRA BARAT. Buat kamu yang main-main kesana jangan lupa buatkan cerita perjalanannya dalam bentuk tulisan ya. Kemudian kirimkan kepada Mimin ya. Nanti mimin akan kasih ada imbalan yang pantas, hehehe
Baca Juga

Author

Redaksi Redaksi JelajahSumatera.com Berbagi kisah, Tips and trik seputar wisata Pulau Sumatera.

Post a Comment