10 REKOMENDASI TEMPAT WISATA DI BENGKULU

JelajahSumatera.com -- Berikut ini kami mencoba memberikan 10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Bengkulu. Bengkulu adalah provinsi yang terletak di pantai barat daya Sumatra. Provinsi ini dibagi menjadi sembilan kabupaten dan kota Bengkulu, yang merupakan ibu kota provinsi. Tidak hanya daratan, Provinsi Bengkulu mencakup Kepulauan Mega dan Kepulauan Enggano.
Bengkulu dapat diakses dengan bus atau pesawat melalui Bandara Fatmawati Soekarno. Penerbangan dari Jakarta kurang dari satu jam, sekitar 50 menit. Berbagai maskapai melayani rute seperti Lion Air, Sriwijaya Air dan Citilink.
Garis pantai Bengkulu adalah 525 kilometer, menghadap langsung ke Samudera Hindia. Kalian bisa membayangkan keindahan pantai di sini. Provinsi ini juga diberkati dengan banyak sumber daya alam seperti batu bara dan emas, pemandangan panorama yang menakjubkan, dan tempat bersejarah yang terawat dengan baik. Mari cari tahu hal terbaik yang dapat dilakukan di Bengkulu, Indonesia.

  1. Mengunjungi Pantai Panjang

Pantai Panjang terletak sekitar 4 km dari pusat kota. Pantai ini memiliki garis pantai yang luas sekitar 500 meter dan hamparan pasir putih yang indah sepanjang 7 km. Dari situlah pantai mendapatkan namanya. 
Pantai panjang memiliki lokasi yang strategis sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap hari. Pantai ini menyediakan fasilitas dan akomodasi umum yang lengkap. Dari restoran, losmen, kafe, taman bermain untuk anak-anak, pusat perbelanjaan, hingga jalur jogging. Pantai ini juga memiliki pemandangan menakjubkan saat matahari terbenam. Pantai Panjang terletak di Kota Bengkulu.

2. Mengunjungi Pantai Linau

Pantai Linau terletak tepat di sisi jalan raya. Pantai ini memiliki banyak pohon di sepanjang garis pantai sehingga pengunjung dapat menikmati panorama di bawah naungan pepohonan. Ada juga warung yang menjual ikan segar hasil tangkapan nelayan.
Pantai Linau memiliki pasir putih yang indah dan air yang jernih. Selama liburan, banyak nelayan menyewa perahu mereka untuk pengunjung yang ingin berkeliling. Harganya terjangkau, hanya Rp 5.000. Jika langit cerah, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Pantai Linau terletak di Desa Linau, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur. Sekitar 5 jam dengan mobil dari Kota Bengkulu.

3. Mengunjungi Pantai Tapak Paderi

Nama pantai ini terhubung dengan sejarah lokal. Dahulu kala pantai itu merupakan lokasi pendaratan kapal-kapal yang mengangkut Suku Paderi yang diasingkan. Tempat di mana pendaratan berlangsung, berbentuk tapak atau kaki. Oleh karena itu penduduk setempat mulai menamai pantai itu sebagai Tapak Paderi.
Tapak Paderi memiliki pasir berwarna gelap, garis pantai lebar, dan terkadang ombak besar. Sejak revitalisasi, lebih banyak wisatawan mengunjungi pantai ini. Dinding sandal adalah area favorit bagi pasangan kekasih. Itu adalah tempat untuk menyatakan cinta. Pantai Tapak Paderi terletak di Kota Bengkulu. Harga tiket masuk hanya Rp 2.000.

4.Mengunjungi Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah, atau Danau Vengeance, memiliki legenda tentang namanya. Alkisah, ada dua kekasih muda yang saling mencintai. Tetapi orang tua anak laki-laki itu tidak memberikan izin. Bocah itu ditunangkan dengan gadis lain dari desa lain. 
Ternyata bocah itu mencintai pacar barunya. Gadis pertama akhirnya tahu dan hatinya hancur. Ketika mantan pacarnya menikahi pacar barunya, dia benar-benar sedih. Dia menangis di sebuah sungai sehingga air matanya membanjiri desanya dan menjadi sebuah danau.
Danau Dendam Tak Sudah dikelilingi oleh perbukitan dan hutan lebat. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah matahari terbit di danau. Sinar matahari terpantul di permukaan danau. Memancing juga merupakan aktivitas populer yang dapat dilakukan pengunjung. Danau Dendam Tak Sudah terletak di Kota Bengkulu.


5.Mengunjungi Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari benar-benar indah. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan sehingga membuat cuaca sejuk. Sayuran juga ditanam di area ini yang memberikan lebih banyak pemandangan hijau.

Danau Mas Harun Bastari adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Danau ini memiliki banyak fasilitas untuk anak-anak dan orang dewasa. Dari komidi putar, ayunan, rubah terbang, perahu sewaan, hingga sepeda air. 
Pengunjung tentunya juga dapat memancing. Danau Mas Harun Bastari terletak di antara Kota Curup dan Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Selupung Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.


6. Mengunjungi Museum Bengkulu


Museum Bengkulu dibangun sejak 1978 dan diresmikan pada 1980. Awalnya, museum itu berada di dalam Benteng Marlborough. Tetapi tiga tahun kemudian pada tahun 1983, museum dipindahkan ke bangunan saat ini.
Museum Bengkulu memiliki dua ruang pameran, untuk pertunjukan reguler dan sementara. Pengunjung dapat mempelajari koleksi manuskrip sejarah dan berbagai kain tradisional. Ada juga mesin cetak yang dulunya digunakan untuk mencetak uang. 
Koleksi-koleksi ini sangat berharga dan harus dilestarikan. Museum Bengkulu terletak di Jalan Pembangunan, Kota Bengkulu. Harga tiket masuk adalah Rp 2.500 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk anak-anak.


7. Mengunjungi Rumah Pengasingan Soekarno

Soekarno diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1938-1942. Kolonial Belanda menempatkannya di rumah milik seorang pengusaha Cina. Rumah itu dekat Benteng Marlborough, sehingga mereka bisa mengawasinya. Namun Soekarno masih memiliki kontak dengan rekan-rekannya.
Rumah pengasingan Soekarno dibangun pada abad ke-20. Rumah itu memiliki bentuk persegi panjang. Atapnya berbentuk limas. Luas rumah adalah 162 meter persegi. Di dalam rumah, pengunjung dapat melihat koleksi buku Soekarno, foto-foto Soekarno, dan sepeda tua Soekarno. Rumah pengasingan Soekarno terletak di Jalan Sukarno Hatta, Kota Bengkulu.

8. Mengunjungi Benteng Marlborough

Benteng Marlborough adalah warisan kolonial Inggris yang digunakan oleh kolonial Belanda. Benteng ini dibangun pada 1914-1917 di bawah administrasi Gubernur Jenderal Josef Colin. Ini benteng terbesar yang pernah dibangun oleh Inggris selama rezim mereka di Asia Tenggara.
Benteng Marlborough memiliki gaya arsitektur Inggris yang kuat. Bentuk benteng menyerupai tubuh kura-kura yang menunjukkan kesan kuat dan megah. Benteng adalah bukti interaksi antara Inggris dan masyarakat Bengkulu. Benteng Marlborough terletak di Kota Bengkulu. Memang, kalian dapat mengunjungi tempat ini untuk belajar tentang kisah sejarah Indonesia Bengkulu dalam ribuan tahun yang lalu.


9. Mendaki Gunung Kaba

Gunung Kaba memiliki ketinggian 1.938 meter di atas permukaan laut. Ada dua jalur untuk mencapai puncak. Jalan pertama melintasi hutan yang penuh dengan semak-semak dan jurang di kedua sisi. Jalur kedua telah diaspal menggunakan aspal.
Gunung Kaba memiliki dua kawah di puncaknya. Satu masih aktif, yang lain hanya kawah mati. Orang-orang di sekitar Gunung Kaba menyediakan fasilitas bagi pengunjung seperti transportasi, penginapan, restoran, dan pemandu. Gunung Kaba terletak di Kabupaten Rejang Lebong.

10. Mengunjungi Pulau Rat

Pulau Rat memiliki luas 1,5 hektar. Meskipun pulau ini kecil, pengunjung dapat melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan. Dari bermain pasir, berenang hingga snorkeling. Ombak yang menghantam pantai cukup aman. Alasannya karena pantainya dikelilingi karang sehingga ombaknya akan pecah.
Pulau Rat memiliki mercusuar. Pada awalnya ada lima mercusuar. Kemudian abrasi menghancurkan empat dari mereka. Pengunjung dapat mendaki mercusuar dan hanya perlu meminta izin dari penjaga. Memancing juga diizinkan untuk pengunjung. Pulau Rat terletak di Kota Bengkulu. Berjarak sekitar 9 km dari pantai dan membutuhkan waktu 40 menit dengan speed boat untuk sampai ke sana.

Demikianlah 10 REKOMENDASI TEMPAT WISATA DI BENGKULU. Buat kamu yang main-main kesana jangan lupa buatkan cerita perjalanannya dalam bentuk tulisan ya. Kemudian kirimkan kepada Mimin ya. Nanti mimin akan kasih ada imbalan yang pantas, hehehe
Baca Juga

Author

Redaksi Redaksi JelajahSumatera.com Berbagi kisah, Tips and trik seputar wisata Pulau Sumatera.

Post a Comment