Pantai Tikus Emas, Sungailiat Kabupaten Bangka

Pantai Tikus Emas, Sungailiat Kabupaten Bangka
Pulau Bangka siapa yang tidak kenal dengan Pulau yang satu ini, keindahan alamnya sudah tidak asing lagi dimata para wisatawan baik manca negara maupun lokal.

Pulau bangka terkenal akan keindahan pantainya, diantaranya adalah Pantai Parai Tenggiri, Rambak, Matras, Pantai tikus, Pantai Tikus Emas, Rebo, dan Pantai Tanjung Pesona.

Kali ini kami akan sedikit mengulas mengenai Pantai Tikus Emas. Pantai Tikus Emas jadi salah satu tujuan primadona wisata family di wilayah Sungailiat. Pantai Tikus Emas menyajikan hamparan pasir putih yang lembut layaknya gula halus, serta rimbunnya pohon pinus menciptakan suasana rimbun Pantai Tikus Emas menjadi lebih asri.


Jangan tertukar antara pantai tikus emas dengan Pantai Tikus. Lokasi pantai tikus emas dan pantai tikus letaknya memang bersebelahan, namun dua-duanya memiliki pesona berbeda.

Pantai Tikus di sisi selatan, telah lebih dulu kesohor. Garis pantainya panjang, pasirnya putih dan halus, tidak sedikit ada bebatuan di sekitarnya. Selain tersebut tak seberapa ramai.

Pantai Tikus dulu sering pun disebut Pantai Kebun Mangga. Maklum, di dekat kawasan ini memang pohon mangga tumbuh dengan suburnya.

Di tepi Pantai Tikus ada padepokan sekaligus lokasi ibadah Puri Tri Agung yang diresmikan pada 2015. Di samping dipergunakan guna sembahyang, turis pun diperkenankan merasakan keindahannya.

Anda dapat menjelajah nyaris seluruh unsur padepokan. Namun, tidak diperkenankan berfoto di depan patung Buddha. Dari lantai tiga, kita dapat memandang pantai dengan lebih leluasa dan indah.

Sementara, Pantai Tikus Emas yang berbatasan langsung dengan Pantai Tikus, masuk area Sungailiat, Kabupaten Bangka. Lokasinya di sebelah unsur selatan Pantai Tanjung Pesona yang telah lebih dulu kesohor.

Asal namanya sendiri tidak diketahui pasti. Ada yang bilang dinamakan Pantai Tikus Emas sebab banyaknya jalan tikus mengarah ke pantai ini.

Konon, dulu jalan setapak ini dipergunakan oleh semua penambang timah ilegal untuk membawa timah hasil tambang ke tepi pantai guna didistribusikan lewat laut.

Ada pula yang bilang bahwa dulu, di area ini tidak sedikit sekali fauna pengerat ini. Entah ke mana tikus-tikus tersebut kini, sebab sudah tak terlihat lagi.

Yang ada, hanyalah patung tikus emas besar yang seringkali jadi objek potret para pelancong yang bertandang kemari. Ya, area ini telah berkembang menjadi destinasi wisata.


Untuk menikmatinya, pengunjung dewasa lumayan merogoh kocek Rp2 ribu per orang, anak-anak dapat masuk gratis. Jika membawa mobil, Anda bakal dikenai ongkos parkir Rp5 ribu.

Air pantai yang biru kehijauan sangatlah jernih, pengunjung dapat menikmati bersihnya pantai dan laut dengan puas ketika ombak tak sedang pasang. Hamparan pasir putih nan halus, tak tak sempat rimbunnya kerumunan pohon cemara di dekat bibir pantai meneduhkan pelancong di siang hari bolong.

Mata lelah pun bisa terobati saat memandang luasnya lautan, di bawah naungan langit biru memesona. Menjelang matahari terbenam, saksikan keindahannya di garis cakrawala.

Di Pantai Tikus Emas terdapat sarana dan prasarana lengkap, mulai dari jalanan memadai, sampai warung dan penyewaan sekian banyak  fasilitas permainan air laksana jet ski pun banana boat dan beda sebagainya.

Jika berencana menguras hari di sini, kita dapat menunaikan Rp50 ribu untuk mencarter tenda. Di samping permainan air, pengunjung dapat main voli pantai, bertualang naik ATV, flying fox, atau main layang-layang.

Tak heran andai Pantai Tikus Emas jadi tujuan favorit penduduk Sungailiat dan sekitarnya. Terutama pada akhir pekan, pun hari raya.

Untuk mencapainya, Anda bisa menempuh perjalanan selama 90 menit dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, atau selama satu jam dari Pelabuhan Balam di Pangkalpinang.

Bila bertolak dari kota Pangkalpinang, ambillah jalan lintas unsur timur Bangka. Anda dapat singgah sejenak di Pantai Nirwana atau Puri Tri Agung, kemudian melanjutkan pelancongan ke arah Tanjung Pesona.

Di area Pantai Tikus dan Pantai Tikus Emas pun tersedia sejumlah pilihan hotel, di antaranya Pesona Bay Sea View Hotel dengan tarif selama Rp600 ribu per malam. Ada pula Novilla Boutique Resort dengan tarif selama Rp500 ribu, namun tempatnya tidak serupa di namun pantai, tetapi sekitar tiga kilometer dari Pantai Tikus Emas.

Pantai Tikus Emas ini pun memiliki sejumlah fasilitas yang lumayan lengkap, laksana tempat duduk yang tersebar di sekitaran pantai, adanya spot foto, lokasi bermain voli pantai serta ATV yang dapat disewa oleh pengunjung yang berkeinginan memacu adrenalin di pasir Pantai Tikus Emas.

Bukan melulu itu, wahana air laksana seperti banana boat dan jet ski terdapat di pantai ini. Terkait keamanan tidak boleh khawatir, sebab pantai ini dilengkapi dengan menara pemantau.
Baca Juga

Author

Admin Admin JelajahSumatera.com Berbagi kisah, Tips and trik seputar wisata Pulau Sumatera.

Post a Comment