6 Tips Mencari Tiket Pesawat Murah

JelajahSumatera.com - Baiklah pada kesempatan kali ini tim JelajahSumatera.com akan menyajikan 6 Tips Mencari Tiket Pesawat Murah. Silakan disimak ya:

6 Tips Mencari Tiket Pesawat Murah
sumber: pixabay.com

6 Tips Mencari Tiket Pesawat Murah

1. Perhatikan Tempat yang Menjadi Tujuan Anda 

Tempat tujuan anda menentukan waktu terbaik untuk mendapatkan tiket pesawat diharga termurah. Misalnya anda ingin berangkat ke Singapura, Kuala Lumpur, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya, Anda harus pintar-pintar membaca harga, karena harganya cenderung fluktuatif karena banyaknya maskapai berbiaya rendah yang membuka rute ke tempat-tempat tersebut. 

Disini anda dituntut unjuk jeli dalam melihat tarif yang ditawarkan maskapai. Jika harga yang ditawarkan lebih rendah dari biasanya maka sebaiknya Anda segera membeli tiketnya saat itu juga. 

Masalahnya adalah jika tempat yang ingun anda tuju bukanlah rute yang ramai dikunjungi wisatawan, contohnya adalah Banjarmasin, Belitung, Tanjung Pinang, dan Banda Aceh, maka kapan juga Anda melakukan pembelian tiketnya, baik dua bulan, satu bulan, atau bahkan satu minggu sebelum keberangkatan, harganya tidak akan menunjukkan perbedaan yang signifikan. 

Mengapa? Karena maskapai yang melayani rute ini merealisasikan sistem year-round fare yang dengan kata lain harga tiket pesawat akan tidak cukup lebih sama sepanjang tahun, kecuali pada high season, laksana Lebaran dan liburan akhir tahun.

2. Perhatikan Maskapai yang Kita Pilih 

Setelah memilih rute, perhatikan pula maskapai yang melayani rute tersebut. Harga tarif Low Cost Carrier (LCC) cenderung lebih murah andai dipesan dari jauh-jauh hari dan meningkat secara menyeluruh jika dipesan hanya beberapa minggu atau hari sebelum keberangkatan. 

Sementara maskapai full-service ingin menerapkan year-round fare pada harga tiket pesawatnya sehingga kurang lebih lebih sama sepanjang tahun. Malah terkadang, harga tiket pesawat full-service dapat lebih murah ketimbang LCC andai kita membelinya lebih dekat dengan hari keberangkatan. Sedikit tips andai Anda memakai layanan Lion Air, sering-sering lah mengawasi harganya. 

Karena menurut empiris saya, Lion Air ialah salah satu airline yang sangat sering melakukan perubahan harga. Dalam sehari, Lion Air dapat mengganti harganya 2 sampai 3 kali, seringkali di pagi hari, siang hari, dan tengah malam. 

Tapi, andai Anda rutin mengawasi pergerakan harganya, maka trennya bakal terbaca. Biasanya, mereka akan memakai range harga yang sama, hanya dipisahkan di jam penerbangannya saja. 

Jika penerbangan yang kita incar tiba-tiba bertambah harganya, tidak boleh terburu-buru melakukan pembelian saat tersebut juga sebab Anda beranggapan harganya bakal meningkat terus. 

Malah sebaliknya, jajaki, tunggu dan lihat beberapa hari ke depan. Jika Anda menyaksikan range harga antar satu penerbangan dan penerbangan lain telah meningkat, maka Anda dapat membeli tiketnya ketika itu, sebab berarti harga dasarnya memang telah lebih tinggi dibanding sebelumnya.

3. Perhatikan Periode Perjalanan, Hari Pergi dan Kembali Anda 

Harga tiket pesawat diwaktu akhir pekan, long weekend, dan musim liburan tidak jarang mahal. Jadi, jajaki liburan di periode low-season, laksana bulan September-November dan Februari-April. 

Di samping periode liburan, pertimbangkan pula hari embarkasi dan kepulangan dalam menilai harga tiket Anda. Kombinasi Jumat-Minggu, Jumat-Senin, Sabtu-Minggu, atau Sabtu-Senin ialah kombinasi termahal. 

Jika Anda hendak mencari harga murah dan hendak mengakali jumlah libur kantor Anda, saya sarankan untuk mengupayakan kombinasi Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, dan Minggu-Rabu. 

4. Perhatikan Tanggal Embarkasi Anda 

Setelah memilih hari, perhatikan pula tanggal embarkasi Anda. Karena dari hasil observasi saya sekitar 3 tahun terakhir, harga tiket pesawat di tanggal 20-an ingin lebih murah dibanding awal mula atau pertengahan bulan. 

Hal ini dapat jadi sebab maskapai memandang bahwa tanggal 20-an ialah tanggal tua dan kondisi isi kantong sedang tipis, sehingga bisa jadi orang yang berpergian sedikit. Alhasil, maskapai pun menyerahkan harga murah di periode ini supaya kursi-kursi mereka terisi. 

5. Pelajari Tren Promo Maskapai 

Sebaiknya anda mengikuti perkembangan berita maskapai yang akan digunakan layanannya, jangan lupa untuk like dan follow semua akun Media Sosial Maskapai, dan pelajari trennya. 

Pelajari masa-masa maskapai-maskapai tersebut mengeluarkan promo dan jenis promonya. Dari pembelajaran ini, Anda bakal tahu, saat Anda mengejar tiket yang terlihat murah, Anda dapat menimbang-nimbang apakah ini ialah saat yang tepat untuk melakukan pembelian tiket, atau periode promo malah akan segera tiba? 

Atau kita juga dapat melihat penawaran tiket pesawat dari Indonesia ke sekian banyak destinasi di semua dunia di sini. 

6. Pelajari Harga Terendah dan Harga Rata-rata Tiket Pesawat yang ingin digunakan 

Dari hasil observasi dan pembelajaran yang kita lakukan, Anda bakal tahu batas terendah dari harga yang dapat ditawarkan maskapai. 

Jadi saat Anda mengejar harga murah, Anda dapat tahu apakah kita memang menemukan harga termurah, atau Anda dapat mendapatkan harga yang lebih murah lagi. Caranya ialah dengan rajin-rajin menyaksikan harga, baik saat periode promo, maupun tidak.
Baca Juga

Author

Admin Admin JelajahSumatera.com Berbagi kisah, Tips and trik seputar wisata Pulau Sumatera.

Post a Comment