10 Tempat Wisata Di Solok Yang Wajib Dikunjungi

Solok ialah nama suatu kabupaten dan Kota Madya di provinsi Sumatera Barat yang berada dielevasi 329 meter — 1 458 meter di atas permuakaan laut yang menjadikan wilayah ini mempunyai hawa dingin dan pemandangan yang paling indah.

Solok merupakan wilayah penghasil beras yang paling terkenal yakni bareh solok. Jarak tempuh dari kota Padang ke ibukota Kabupaten Solok Arosuka yaitu tidak cukup lebih selama 40 kilometer.

Di samping adalah sebuah wilayah penghasil beras. Potensi wisata Solok nyaris sama dengan wilayah lain yang terdapat di Sumbar yang butuh di perhitungkan, sebab di Solok juga tidak sedikit ada objek wisata alam yang bisa Anda kunjungi dan mempunyai keindahan luar biasa.

Berikut 10 Tempat Wisata di Solok yang Wajib dikunjungi:

1. Puncak Gagoan

Puncak Gagoan adalah sebuah tebing curam nan estetis yang terletak di Paninggahan, Junjung Sirih, Solok, Sumatera Barat. Puncak Gagoan ini mempunyai keindahan panorama alam yang sungguh unik dan menarik dengan dihiasi oleh batuan karangnya yang tampak menarik andai kita potret di sini.
Sumber: IG @opacity_photography

Diatas Puncak ini bakal terlihat pemandangan alam serta daya tarik Danau Singkarak yang terletak tidak jauh dari puncak ini. Di samping itu, Pengunjung bakal dimanjakan oleh semilir angin yang bertiup lumayan kencang dengan udaranya yang paling sejuk menyejukan. Hal ini disebabkan bukit ini memang dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga keasriannya.

2. Rumah Pohon, Laing Park, Solok

Wisata Rumah Pohon Laing Park ini terletak tak jauh dari Kota Solok, Objek wisata ini sudah menjadi tujuan wisata baru yang sedang ramai dan populer di perbincangkan serta dikunjungi oleh muda mudi maupun keluarga ketika ini. Hal yang unik di Laing Park ini ialah rumah pohonnya.
Sumber: IG @Rahmi_wiristya

Rumah pohon disini menawarkan keadaan alam yang sangat sejuk dan nyaman guna bersantai. Sangat sesuai untuk kita principle hendak menyegarkan benak dan menikmati udara segar khas perdesaan. Lokasi wisata sedang di atas lahan seluas 8 hektar yang paling alami dan jauh dari polusi. disini terdapat dua lokasi tinggal pohon dengan kapasitas 5 orang dewasa atau 10 anak-anak dielevasi 10 meter.

3. Danau Singkarak danau Singkarak

Danau ini memilik air yang jernih, kita akan tidak jarang meilhat sampan kepunyaan nelayan yang bertebaran di permukaan telaga singkarak untuk menggali ikan, ditambah tidak sedikit pepohonan yang menjadikan pemandangan hijaudi dekat danau. Pemandangan estetis inilah yang bakal Anda jumpai di Danau Singkarak.

Sumber: IG @wey.akhdiat.appel

Meskipun telaga ini termasuk luas dan mempunyai air yang jernih, tak tidak sedikit jenis ikan yang bisa hidup di perairan Danau Singkarak. Hanya terdapat 19 jenis ikan yang terdaftar dapat hidup di telaga ini. Hal ini dimungkinkan sebab terbatasnya jumlah makanan dansituasi air yang menjadi hidup ikan pada umumnya.

4. Puncak Gobah

Puncak Gobah adalah sebuah objek wisata yang masih baru dan sedang populer di Kabupaten Solok. Puncak ini berada di elevasi Nagari Aripan yang menghadap ke Danau Singkarak.

Sumber: IG @erbyaulia

Keindahan Panorama Puncak Gobah menyuguhkan panorama alam yang paling menakjubkan dengan hamparan persawahan, hutam dan area pesisir bagian unsur selatan Danau singkarak. Ditempat puncak ini pun dilengkapi oleh sebuah lokasi tinggal pohon guna berfoto yang menambah pesona pengunjung ke lokasi wisata ini.

5. Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang

Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang adalah Air terjun yang masih tersembunyi dalam rimba hutan distrik Kenagarian Koto Hilalang, Kec. Kubung, Kabupaten Solok ialah Air Terjun Kapalo Banda.

Sumber: IG @Rezdnosuzandra

Akses untuk mengarah ke air terjun ini tidak terlampau sulit, melulu dengan menempuh perjalanan dengan berlangsung kaki lebihtidak cukup selama 1 jam dari pemukiman penduduk.

Rasa capek saat mencari hulu sungai dan melompati bebatuan yang licin itu terasa hilang sesudah mencapai tempat air terjun yang ketinggiannya lebih tidak cukup 10 meter.

6. Air Terjun Sarasah Batimpo

Air Terjun Sarasah Batimpo terletak di Desa Laing, Tanjung Harapan, berjarak tidak cukup lebih 5 km dari pusat Kota Solok.
Sumber: Ig @riansimarmata69

Air terjun ini berada di tempat yang lumayan strategis dengan view yang estetis menjadikan daya tarik. Air terjun ini pun adalah tempat yang tepat untuk Anda yang hendak menikmati daya tarik air terjun sambil merasakan ekowisata seperti empang pembibitan ikan, lokasi trekking / hiking, dan berkemah.

7. Danau Talang – Solok

Bayangkan alangkah indahnya dunia ini andai begitu kita membuka mata dan menelusurinya, tak usah jauh jauh ke luar negeri, indonesia punya keindahan alam itu,cukup di indonesia Anda bakal lihat birunya air danau, segarnya udara di pegunungan, dan indahnya pemandangan alam luas yang terdapat di depan mata anda.
Sumber: IG @vivisusanti1

Pemandangan estetis yang terdapat di Solok salah satunya area objek wisata Danau Talang, telaga yang tampak estetis ini dapat memberikan kita ketenangan bermunculan bathin, bahkan kita mungkin justeru memandang Danau Talang ini sebagai Danau pribadi sebab suasananya principle terasa hening dan jauh Dari Persian keramaian.

8. Danau Dieteh dan Danau Dibawah

Danau Dieteh dan Danau Dibawah ini terletak di Kabupaten Solok yakni tepatnya di Alahan Panjang.

Sumber: Ig: @diah.hardi

Danau ini terdiri dari dua buah danau, yakni Danau Diatas yang terletak di pinggir jalan Padang – Muara Labuh sementara yang satu lagi Danau Dibawah terletak di nagari Bukit Sileh Kecamatan Lembang jaya.

9. Kebun Teh Alahan Panjang, Solok

Kebun teh yang ada di Alahan panjang, Solok, Sumatera Barat adalahsalah satu lokasi wisata yang wajib guna dikunjungi oleh semua pemburu panorama alam.

Sumber: IG @andrey_chart

Selain lokasinya yang sejuk, mata Anda bakal di manjakan dengan hamparan teh yang hijau dengan format permukaan yang unik, sehingga menciptakan kita tidak jenuh dan hendak datang lagi kesana.

Untuk menginjak kebun teh tidak di pungut ongkos sedikitpun alias GRATIS.

10. Masjid Agung Al-Muhsinin

Masjid Agung Al-Muhsinin adalah sebuah masjid terbesar di Kota Solok, terletak menghadap Jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Aro IV Korong, Lubuk Sikarah.

Sumber: IG @fridamaydona

Masjid ini mempunyai desain arsitektur yang menarik, direkomendasikan saat berjalan-jalan ke solok mesti singgah di masjid ini.

Demikianlah artikel mengenai 10 Tempat Wisata Di Solok Yang Wajib Dikunjungi semoga dapat bermanfaat. Apabila ada yang perlu ditanyakan silakan tinggalkan kometar dibawah.
Baca Juga

Author

Admin Admin JelajahSumatera.com Berbagi kisah, Tips and trik seputar wisata Pulau Sumatera.

2 comments

  1. Jadi kepingin berpose seperti foto diatas yang di Puncak Gagoan :)
    Semoga kapan-kapan, kami sampai disana :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Kami menunggu komentar dari kamu :)