10 Pantai Terindah di Pulau Sumatera

Sebagai sebuah negara kepulauan Indonesia sangat terkenal akan keindahan pantainya. Setiap pulau besar maupun kecil yang ada di Indonesia menyimpan beragam keindahan alam pantai yang sungguh mempesona. Tak terkecuali Pulau Sumatera, keindahan pantainya layak untuk kamu kunjungi. 

Pada artikel kali ini tim JelajahSumatera akan memberikan daftar 10 pantai pantai Terindah di Pulau Sumatera.

1. Pantai Iboih, Aceh 

Pantai yang berada di ujung barat Pulau Sumatera ini menawarkan keindahan alam yang masih alami. Hamparan pasir putih bersih dan lembut disertai airnya yang jernih menawarkan panorama bawah laut yang sungguh mempesona. 

Di Pantai Iboih, ada banyak spot menyelam dimana anda dapat menikmati keindahan alam bawah lautnya. Selain keindahan bawah laut jika beruntung anda juga dapat berenang diatara anak-anak hiu di sekitar anda.

Ada banyak aktifitas yang dapat dilakukan di pantai yang satu ini karena banyaknya wahana permainan air yang tersaji disini.

Airnya yang jernih benar memanjakan mata para penyelam. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung hanya untuk menyelam.


2. Pantai Lampuuk 

Berikutnya, masih di wilayah Aceh yaitu Pantai Lampuuk. Pantai yang satu jni lagi ngehits di Instagtam. Keindahan alamnya begitu memanjakan mata para pengunjung yang kemudian diabadikan dalam bentuk foto yang sangat fotogenik. 

Lokasi letak Pantai Lampuuk sendiri adalah di pesisir pantai barat Aceh tepatnya berada di wilayah Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh atau berjarak sekitar 20 km dari kota Banda Aceh. Setelah diterjang bencana tsunami, kini para wisatawan bisa menikmati lagi keindahan alam di Pantai Lampuuk. 

Dengan garis pantainya sepanjang lima kilometre dan membentuk sebuah teluk kecil, dengan pasir putihnya yang bersih dan lembut. Air lautnya sendiri berwarna biru kehijauan dan ombaknya cukup menantang sehingga cocok buat refresing Anda. 

Pengunjung yang datang ke Pantai Lampuuk juga dapat melakukan surfing karena ombaknya cukup tinggi namun bersahabat. Banana Boat dan waha permainan air lainnya juga tersedia tersedia di pantai ini yang seringkali menjadi incaran para pengunjung yang datang ke Pantai Lampuuk. 

Selain wisata air dikawasan pantai ini juga terdapat lapang golf di kawasan pantai juga terdapat Lapangan Golf Seulawah yang berlatar belakang gulungan ombak. Pantai ini Kwa lebih terlihat indah pada sore hari, Penuh pesona menyaksikan matahari tenggelam yang akan memberikan kenikmatan yang tak akan Anda lupakan. 

3. Pantai Sorake, Nias, Sumatera Utara 

Berikutnya adalah Pantai Sorake, yakni sebuah pantai yang berada di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Pantai yang satu ini terkenal akan ombaknya yang besar sehingga cocok bagi para penggila surfing. 

Setiap tahunnya ada banyak wisatawan mancanegara yang datang kemari untuk berselancar. Pantai Sorake sering di kali di jadikan tempat untuk mengadakan kompetisi berselancar baik tingkat nasional maupun Internasional. Nias Open adalah satu kejuaraan berselancar rule di selenggarakan di tempat ini. 

4. Pantai Carocok, Sumatera Barat 

Pantai Carocok merupakan salah satu Pantai Terindah di Sumatera dan menjadi objek Wisata andalan Sumatera Barat. Terletak disebelah barat kota Painan, Kabupaten Pantai Selatan, Provinsi Sumatera Barat ini pengunjung yang datang ke Pantai Caricok dapat menikmati keindahan panorama ketika matahari mulai tenggelam. 

Pantulan warna jingga saat sunset memantul diatas permukaan Samudera Hindia sangat menawan di pantai tersebut. Selain itu sekitar 200 meter arah barat Pantai Carocok terdapat suatu pulau kecil yang sangat historis. 


Pulau yang bernama Cingkuak ini terdapat bekas-bekas reruntuhan Benteng Portugis. Tempat wisata kecil berpasir putih dengan air lautnya yang bersih dan tenang ini pun patut Anda nikmati keindahannya ketika berlibur ke Pantai Carocok. 

5. Pantai Rupat, Riau 

Siapa saja yang pernah berkunjung ke pantai yang satu ini pasti sangat setuju bila dikatakan bahwa Pantai Rupat merupakan salah satu pantai terindah di Indonesia. Keindahan alamnya tidak kalab dari pantai-pantai yang ada di pulau dewata Bali. 


Pantai Rupat biasanya ramai dikunjungi pada bulan Shafar. Para pengunjung yang datang hendak menikmati sebuah adat tradisi Mandi Shafar yang diadakan pada bulan Shafar. Memiliki hamparan Pasir Putih yang khas membentang sepanjang bibir pantai. 

Pantainya banyak dihuni binatang-binatang kecil seperti umang-umang yang kerap kali membentuk formasi yanv memerahkan bibir pantai. Air lautnya yang relatif tenang sangat cocok untuk berendam maupun sedikit berolahraga air bersama keluarga. 

Para lengunjung yang datang ke pantai ini juga dapat melihat hamparan bukit Malaysia, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Selain itu, para pengunjung juga dapat melihat rumah-rumah nelayan rule berada di atas air laut rule juga sering disebut Rumah Togok. 

Anda yang hobi memancing juga dapat menikmati memancing sembari menikmati suasana pantai. 

6. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung 

Pantai Tanjung Tinggi ini memiliki pasir yang putih dan dihiasi hamparan batu granit yang banyak dijumpai di sekitar pantai. Pengunjung yang datang ke Pantai Tanjung Tinggi dapat berenang dengan nyaman karena air lautnya jernih dan tenang. 


Pantai tanjung tinggi ini membuat anda takjub dengan pemandangan yang sangat indah. Karena keindahannya juga pantai ini sangat diminati oleh pengunjung lokal maupun wisatawan asing.

7. Bintan Kepulauan Riau 

Sama halnya dengan pulau dewata Bali, pulau yang satu ini juga menawarkan keindahan pantai dan laut. Di pulau Bintan ada tiga tempag yang wajib untuk dikunjungi ketika datang kesini. 

a. Kawasan Wisata Terpadu Lagoi 


Kawasan wisata yang satu ini menawarkan keindahan pantainya sebagai daya tarik utama. Pantai-pantai yang ada disini termasuk kedalam pantai yang ekslusif. Penyebabnya adalah mayoritas pantai yang ada disini dikelola oleh pihak swasta sehingga fasilitas yang ada di pantai-pantai dalam kawasan ini terlihat sangat mewah dan ekslusif. 

b. Pantai Trikora 

Keindahan pantai yang berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. 

Pantai Trikora menjadi objek wisata dengan air lautnya yang jernih dan dangkal serta beberapa fasilitas penunjang. Pantai Trikora dibagi menjadi Kawasan Resort dan Kawasan Umum. 

Untuk memasuki kawasan resort, Anda harus check-in terlebih dahulu di resort-resort mewah yang terdapat di Pantai Trikora. Sedangkan pada kawasan umum, Anda cukup membayar biaya sewa pondok kayu yang cukup untuk satu keluarga. 

Beberapa hotel di sana juga menyediakan paket menyelusuri pulau tak berpenghuni, menyelam dan permainan pantai seperti kano, banana boat, bermain layang-layang atau jet sky. Kawasan umum Pantai Trikora dapat dijadika pantai alternatif yang termasuk murah di Kepulauan Bintan. 

Dengan ombaknya teratur tenang, Anda dapat berenang secara bebas di pantai ini. Pantai Trikora sangat menjaga Kwa kebersihannya, Untuk kebutuhan lain seperti toilet juga sudah tersedia dengan kondisi yang sangat terawat. 

c. Pulau Penyengat 

Di pulau ini banyak sekali peninggalan Kerajaan Kesultanan Riau.


Apabila Anda ingin mengunjungi pulau ini, sebaiknya Anda ditemani oleh Pemandu Wisata agar Anda semakin paham arti peninggalan sejarah di pulau ini. 

8. Pantai Parai Tenggiri, Kepulauan Bangka 

Pantai Parai Tenggiri adalah salah satu objek wisata pantai terindah yang terletak di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung atau berjarak sekitar 30 km dari kota Pangkalpinang. Tempat ini memiliki kontur pantai yang landai dengan ombak yang relatif kecil.


Pantai Parai Tenggiri memiliki hamparan pasir putih yang masih bersih dan batu-batu granit alami. Pantai ini bisa dibilang sebagai pantai termahal dan tercantik di deretan timur Pulau Bangka. 

Selain air lautnya yang bersih dan bening, pantai ini juga memiliki gugusan batu karang berukuran besar dengan formasi batu yang sangat indah jika disatukan dengan pohon-pohon kelapa dan pasir putihnya yang bersih. 

Di pantai ini Anda dapat melakukan aktivitas pantai seperti bermain kano, penyewaan perahu pancing beserta perlengkapannya, banana boat, jet sky atau melakukan penyelaman untuk melihat keindahan terumbu karang dibawah laut Pantai Parai Tenggiri yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan. 

9. Pantai Nongsa, Batam 

Pantai Nongsa adalah salah satu Pantai Terindah Di Batam yang wajib Anda kunjungi. Pantai yang terletak di timur laut Pulau Batam ini memiliki pasir putih bersih nan lembut serta air lautnya yang bening dengan ombak yang relatif kecil.


Dari pantai ini Anda dapat melihat kota Singapura dari pinggir pantai. 

10. Pantai Pasir Panjang, Bengkulu 

Pantai Pasir Panjang adalah salah satu Tempat Wisata Andalan Bengkulu yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai berpasir putih sepanjang 7 kilometer ini terletak di pesisir barat kota Bengkulu.


Pantai yang satu ini tak pernah sepi dari pengunjung karena keindahan pantainya dan keunikannya dimana garis pantainya membentang sejauh 7 kilometer.

Selain itu juga titik pasang surut yang terdapat pada Pantai Panjang ini relatif jauh yakni sejauh 500 meter, hal ini membuat Pantai ini menjadi lebih indah pada saat air laut surut. Karena hamparan pasir putih yang terlihat akan semakin luas. Disekitar pantai juga terdapat banyak pepohonan yang semakin menambah keindahan Pantai Panjang ini seperti pohon pinus dan cemara.
Baca Juga

Author

Admin Admin JelajahSumatera.com Berbagi kisah, Tips and trik seputar wisata Pulau Sumatera.

Post a Comment