5 Tempat Wisata Terpopuler Di Jambi


1. Candi Muaro Jambi


Komplek candi satu ini dikenal sebagai komplek candi beraliran Budddhisme merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Komplek candi satu ini dikenal sebagai komplek candi terluas di Indonesia.

Candi ini pertama kali ditemukan oleh seorang letnan Inggris bernama SC. Crooke pada tahun 1820. Candi Muaro Jambi telah mengalami pemugaran pada tahun 1975 oleh pemerintah Indonesia. Sampai saat ini terhitung sudah 61 buah Candi ditemukan yang mana sebagian besar masih tertutup tanah.

Selain Candi, di komplek ini juga ditemukan perkakas rumah tangga yang membuktikan bahwa kawasan ini dulunya dihuni oleh para biksu.

Selain itu, juga ditemukan beberapa keramik Cina dari dinasti song yang menandakan hubungan internasional antara kerajaan Sriwijaya dengan bangsa Cina dahulu.

Lokasi candi ini sendiri berada di kawasan Muara Sebo, Kab. Muaro Jambi, atau sekitar 26 Kilometer dari pusat kota Jambi .

2. Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Komplek wisata ini merupakan komplek wisata terpadu yang menawarkan sarana olahraga, taman rekreasi dan wisata budaya.


Kompleknya sendiri terbagi menjadi dua yakni Taman Mini dan Taman Rimba Jambi.


Taman Mini Jambi konsepnya mirip dengan Taman Mini yang ada di Jakarta yaitu menampilkan replika bangunan khas daerah.

Perbedaanya adalah kalau Taman Mini yang ada di  Jakarta menampilkan seluruh budaya yang ada di daerah di Indonesia, di sini hanya menampilkan budaya setiap kabupaten di Jambi.

Tempat wisata lainnya adalah Taman Rimba yang merupakan kebun binatang kebanggaan warga Jambi. 


Layaknya kebun binatang di tempat lain, di sini pun Anda bisa melihat beragam spesies binatang. Yang menarik adalah adanya sangkar burung berbentuk setengah lingkaran kaca raksasa yang berisi beraneka jenis burung mulai dari burung bangau sampai burung kasuari.

Selain Taman Mini dan Taman Rimba, di kompleks seluas 18 hektar ini juga ada stadion olahraga yang selalu ramai digunakan saat akhir pekan.

Tempat wisata di Jambi yang banyak dikunjungi ini berada di Jalan Sunaryo atau hanya sekitar 500 meter dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin.

3. Jambi Paradise


Jambi Paradise terletak di kecamatan Pal Merah. Jam operasionalnya sendiri dimulai dari jam 9 pagi. Kakah mau datang kesini hendaklah datang dipagi hari selain karena suasananya masih sejuk dikala pagi hari, anda punya lebih banyak waktu untuk mengelilingi tempat ini.

Kalau mau datang kesini dikala siang maupun sore hendaklah membawa payung agar perjalanan lebih menyenangkan karena suasana disini agak panas.

Harga tiket masuk kawasan ini cukup terjangkau yakni Rp 20.000 rupiah. Anak-anak anda dijamin akan kewalahan memberi makan ikan-ikan yang banyak di jumpai di kawasan ini.

Untuk para pengunjungnya sendiri disediakan berbagai pilihan cara untuk berkeliling. Selain berjalan kaki disini juga disediakan penyewaan sepeda dan speed boat untuk berkeliling.


Pengunjung yang datang kesini hendaknya membawa tikar untuk sekedar beristirahat. Karena gazebo yang disediakan dikenakan tarif sewa perjam.


4. Masjid Agung Al Falah

Masjid Agung Al Falah dikenal dengan sebutan Masjid Seribu Tiang. Masjid satu ini arsitekturnya dipenuhi dengan tiang penyangga tanpa dinding sehingga sirkulasi udara dan cahaya bisa berjalan lancar.

Meskipun dijuluki sebagai Masjid Seribu Tiang, jumlah tiang yang ada didalamnya sebenarnya tidak mencapai 1000 buah melainkan hanya berjumlah sebanyak 256 buah saja.

Pembangunan  Masjid Agung Al Falah memakan waktu sembilan tahun yaitu dari tahun 1971 sampai dengan tahun 1980.

Tempat wisata budaya ini memiliki daya tampung sebanyak 10.000 orang jamaah. Masjid yang tidak mempunyai pintu dan jendela ini berada di Jalan Sultan Thaha Nomor 60, Legok, Kecamatan Telanaipura.

5. Hesti’s Garden


Belakangan ini Hesti’s Garden menjadi salah satu tempat wisata berfoto yang lagi hits di Kabupaten Merangin.
Taman satu ini sangat cocok menjadi latarbelakang foto selfie kamu karena keindahannya.

Wisatawan yang datang kesini jelas hanya berniat melihal keindahannya dan menyajikannya dalam bentuk foto.
Kalau kamu eksplor lebih, taman ini menawarkan banyak titik berfoto yang bisa kamu pilih. Adanya lorong-lorong juga semakin membuat wisatawan makin atraktif untuk memotret.


Lokasi: Muara Manderas, Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi
Jam Operasional: 07.00 – 18.00
Harga Tiket: Gratis




Baca Juga

Author

Admin Admin JelajahSumatera.com Berbagi kisah, Tips and trik seputar wisata Pulau Sumatera.

Post a Comment