Benteng Fort Marlborough - Makam residen Inggris

JelajahSumatera - Regrann from @ardianpranata2577 - Thomas Parr (1805-1807) adalah seorang pengusaha Inggris yang ke-49 di Bengkulu yang dikenal sangat ganas dan kejam. Dia diangkat oleh pemerintah Inggris untuk menggantikan Deputi Gubernur Walter teko (1800-1805).

Selama pemerintahannya, Thomas Parr memperkenalkan sistem tanam paksa untuk membuka perkebunan kopi di Bengkulu. Tidak bisa lagi menghitung berapa banyak korban nyawa melayang selama tanam paksa.

Sampai suatu hari, kebencian orang-orang Bengkulu tidak bisa lagi dibendung. Suatu malam, pada tanggal 23 Desember 1807, rakyat Bengkulu beramai-ramai menyerbu Mount Felix (Bukit Palik) tempat rumah peristirahatan Thomas Parr, tentu saja dengan maksud untuk membunuh residen. Pada malam yang naas, warga yang lalim akhirnya dibunuh oleh cara menyedihkan.

Untuk insiden itu, Pemerintah Inggris tidak ambil diam. Sebagai balas dendam, tentara Inggris bertindak keji dan membabi buta, menghancurkan dusun dan membunuh setiap penduduk di Bengkulu. Tidak hanya itu, sapi pun tak luput dari murka tentara Inggris yang kehilangan kendali.

Charles Murray adalah Asisten dari Thomas Parr yg ikut meninggal karena membantu Thomas Parr.


Lokasi: 🌎. : Fort Marlborough Bengkulu, makam: Thomas Parr,  Charles Murray, dan  Robert Hamilton.  # 📸. : @doni7386 
#jelajahSumatera

0 Response to "Benteng Fort Marlborough - Makam residen Inggris"

Post a Comment

Kami menunggu komentar dari kamu :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel